Hari Ke-1 Belajar Menyetir Mobil Manual

Posted: February 18, 2012 in Dunia Otomotif
Tags: , ,
Mobil Sedan

Mobil Sedan

Hari ini ,,

Sabtu, 18 Februari 2012 Jam 07.00 – 09.00 WIB adalah hari dimana Q mulai belajar menyetir Mobil di Talenta Cabang Jatinangor.

Hari ini Q di kasih materi pengenalan tentang Mobil yang kan Q kendarai yaitu sedan grift. Hari ini yang menjadi pelatihQ namanya A yanto.

Oke ,, Langsung aja y kawan, ini adalah pengalaman pribadiQ semoga bermanfaat bagi siapa saja yang membaca artikel sederhana yang Q buat hari ini :)

Pertama, Q masuk ke Mobil lalu Q duduk di Jok Mobil kemudian Q atur posisi Jok Mobil itu sesuai dengan postur tubuhQ agar nyaman pas uda jalannya dan alat untuk mengaturnya ada di sisi kanan bawah Jok Mobil. Kalau uda, sabuk pengaman yang ada di sisi kanan Jok Mobil di pasang yang tujuannya sebagai pengaman tubuh Qt. Setelah itu, Q di kenalin gimana caranya ngatur spion di sisi kanan dan kiri [posisinya itu ada di sisi kanan setir Mobil, Q lupa namanya apa tapi di situ ada tombol L untuk spion kiri, tombol R untuk spion kanan dan tombol Mirror untuk ngatur spion agar dapat posisi yang pas bisa ngeliat kondisi sisi kanan dan sisi kiri dengan jelas. Lalu, Q juga di kenalin gimana caranya ngatur Gigi [1, 2, 3 ,4, 5 dan R] yang posisinya ada di sebelah kiri Jok Mobil, liat di situ ada tangkai dengan code 1, 2, 3, 4, 5 dan R.

Berikut Penjelasan Mengenai  Gigi 1, 2, 3, 4, 5 dan R  Menurut PemahamanQ :

1. Gigi 1 : pas mau ngejalanin Mobil dan kondisi di jalan macet.

2. Gigi 2 : kalau Mobil uda jalan dan posisinya seimbang [awalnya Gigi 1 setelah itu baru deh Gigi 2].

3. Gigi 3, 4 dan 5 : kalau kondisi di jalan lancar dan gak macet.

4. Gigi R : pas Mobil mau mundur.

Q dikenalin juga dengan yang namanya Rem Tangan [digunakan pas mau ngejalanin Mobil dan ngeberhentiin mobil], Kopling [digunakan pas mau mindahin Gigi, mau belok dan mau berhenti], Rem [digunakan pas lagi jalan di turunan, mau belok dan mau berhenti] dan Gas [digunakan pas mau nge jalanin Mobil], dan Kunci [digunakan untuk menstarterkan mobil pas mau ngehidupin dan memanaskan mesin Mobil biar bisa jalan]

Oy, posisi Rem Tangan ada di sebelah kiri Jok Mobil. Kopling [pedal 1 - kiri], Rem [pedal 2 - tengah] dan Gas [pedal 3 - kanan] ada di bawah setir [liat di situ ada 3 pedal]. Kunci ada di sebelah kiri setir Mobil.

Kedua, pas mau ngejalanin Mobil, posisi duduk Qt+spion kanan dan kiri uda nyaman, sabuk pengaman pun uda di pasang, Rem Tangan di sebelah kiri Jok Mobil di angkat ke atas lalu tekan tombol yang ada di tengah Rem Tangan, lalu nginjak kopling sampai full kemudian starter Mobilnya dengan memutar kunci ke arah kanan yang ada di sebelah kanan Setir Mobil sampai terdengar suara mobil “mbremmmm”. Setelah itu, posisi kaki kiri itu hanya khusus Kopling y kawan, posisi kaki kiri masih nginjak kopling full lalu tangan kiri beraksi untuk mengatur Gigi 1 [caranya arah kan ke kiri dulu lalu dorong ke depan sesuai dengan code Gigi 1 ,, ingat jangan ke Gigi yang lainnya dulu kan ini awal :)  sabar y ,, ]. Lalu, kaki kanan nginjak Gas [pelan-pelan y sampai ada suara "mbremmmmm"], ingat y kawan ,, kaki sebelah kanan khusus untuk Gas [khusus juga untuk Rem kalau di butuhkan pas terjebak macet di jalan, pas berpapasan dengan kendaraan lainnya+orang yang menyebrang jalan, pas mau berhentiin Mobil]. Kemudian, Kopling di angkat pelan-pelan sampai full [di sini mobil pun akan terasa bergerak pas Kopling pelan-pelan di angkat dan kaki kanan nginjek Gas pelan-pelan], pas uda jalan Mobilnya, kaki kiri gak usah di injek lagi, fokus ke kaki kanan yang lagi nginjek gas secara pelan-pelan. Lalu, kalau sudah benar-benar jalan dan keadaan Mobil uda seimbang, lepas kaki kanan dari Gas, fokus kaki kiri nginjek kopling full, setelah itu, main kan tangan kiri untuk berpindah ke Gigi 2 [caranya arahkan ke tengah-tengah lalu dorong ke depan sesuai  dengan code Gigi 2], lalu, injek Gas pelan-pelan dan lepas Kopling pelan-pelan juga sampai benar-benar jalan. Kalau kondisi jalanan benar-benar lancar, dipersilahkan untuk pindah ke Gigi 3/Gigi 4/Gigi 5 dan caranya seperti tadi :)

Ketiga, pas lagi nikmatin perjalanan ternyata terhalang macet, lampu merah, orang yang mau nyebrang atau pun di depan ada kendaraan lain yang hampir dekat dengan posisi Mobil yang lagi di kendarai maka caranya adalah mainkan Rem dan Kopling. Injek Kopling sampai full lalu dan mainkan Rem [ingat ,, jangan mainkan gas dulu y ,, ada waktunya kalau semua kondisi tadi selesai, baru mainkan gas pelan-pelan sampai terasa Mobil itu jalan kembali ,, ingat sebelum mainkan gas, atur dulu Gigi yang mau di gunakan, ok :)].

Kempat, pas lagi nikmatin perjalanan ternyata di depan ada belokan entah itu kanan atau kiri ,, caranya adalah atur Sen [oy ,, Q baru ingat kalau Q juga di kenalin dengan yang namanya Sen ,, posisinya di sebelah kanan bawah Setir Mobil [bentuknya seperti tongkat] atur lah itu sampai ada code nyala di area layar depan Setir Mobil [bentuknya panah tergantung mau belok ke kanan atau pun ke kiri]. Setelah itu, mainkan Kopling, Rem dan Setir. Injek Kopling full lalu atur Rem sesuai kebutuhan kondisi jalan, lalu puter Setir Mobil sesuai arah belokan yang di inginkan [kanan atau kiri samain dengan Sen yang udah di tentukan sebelumnya]. Kalau posisi Mobil udah seimbang dan aman maka mainkan Gas dan Gigi.

Kelima, pas lagi nikmatin perjalanan ternyata di depan ada kendaraan lain dan posisi Mobil yang lagi di kendarai ingin mendahului maka mainkan Sen dan Setir Mobil.

Keenam, pas lagi nikmatin perjalanan ternyata di depan ada jalan yang menikung maka Gas harus pelan [kurangi kecepatan].

Ketujuh, pas lagi nikmatin perjalanan ternyata mau berhenti dulu caranya adalah mainkan Kopling dan Rem. Injek Kopling full lalu injek Rem pelan-pelan sampai Mobil berhenti kemudian lepas Kopling dan Rem. Mesin Mobil di matikan dengan cara memutar kunci ke arah kiri lalu turunkan Rem Tangan.

Evaluasi hari ini :

Q masih kaku pas megang Setir Mobil, Nginjek Gas pun belum stabil, Masih fokus ke spion kanan saja spion kiri jarang di perhatikan dan Ngendarain Mobilnya masih belum tenang. Mudah-mudahan latian selanjutnya ada kemajuan yang bagus  untuk menyetir mobil manual dengan benar :) Amin ,,

Untuk yang membaca artikel sederhanaQ ini, mudah-mudahan bermanfaat untuk pengenalan awal sebelum praktek menyetir mobil di jalan nanti bersama pelatih atau salah satu keluarga atau teman yang sudah ahli menyetir mobil :)

Good Luck untuk latihannya y kawan :)

Artikel sederhanaQ hari ini pasti banyak kekurangannya dan belum sempurna ,, mohon maaf ya ,, kalau ada yang mau ngasih saran, monggo dengan senang hati :)

About these ads
Comments
  1. Vic says:

    Makasih teorinya, kadang sebelum latihan, saya latih mental dulu (berimajinasi tanpa mobil dulu) maklum saya ga punya mobil tapi mau bisa nyetir.

  2. thekoist says:

    alamatnya talenta itu dimana gan?? hehehe nais inpoh pengen belajar nyetir juga tapi ga punya mobil haha… ditunggu replynya :D :D

  3. biebolem2012 says:

    hallo gan :)
    maaf baru nge bales ,,
    belajar sih gak ada batasan usia :D

    oya ini daftar harga buat kursus mengemudi di talenta wilayah bandung dan sekitarnya ,,

    daftar harga baru
    kursus mengemudi TALENTA JAYA
    AVANZA / XENIA :
    kls eksekutif (tahap pemula), 12 jam (1x 2jam) : Rp.761.000,-
    kls kwalitas (tahap melancarkan), 8 jam (1x 2jam) : Rp.567.500,-

    SEDAN (Vios) :
    kls eksekutif (tahap pemula), 12 jam (1x 2jam) : Rp.747.500,-
    kls kwalitas (tahap melancarkan), 8 jam (1x 2jam) : Rp.536.000,-

    KIJANG (Grand Extra ) :
    kls eksekutif (tahap pemula), 12 jam (1x 2jam) : Rp.675.000,-
    kls kwalitas (tahap melancarkan), 8 jam (1x 2jam) : Rp.525.000,-

    pembuatan SIM :

    SIM A : Kodya :Rp. 450.000,-
    Kabupaten :Rp. 600.000,-

    SIM C : Kodya :Rp. 440.000,-
    Kabupaten :Rp. 580.000,-

    UNTUK INFORMASI HUB:
    TLP: (022)93666135, (022)93666428.

    oke, gan ,, semoga bermanfaat info ini dan selamat belajar :)

  4. Happiness says:

    gan mau nanya dong, ini talenta jaya uda pindah yah?
    di depan ikopin uda ga ada lagi yuh
    makasih :)

    • biebolem2012 says:

      Maaf gan Happiness@ ya sepertinya uda pindah tempat tapi kemarin aku nyari-nyari brosurnya di map, alhamdulillah nemu jg ,, ini dia infonya:

      Jl. Raya Cibiru No. 38 Telp. 022-93682007
      Jl. Gedebage No. 16 (Depan Gudang Bulog) Telp. 022-93682006
      Jl. Raya Cipamokolan Riung Bandung No.3 Telp. 022-93868006
      Jl. Raya Ciwastra No. 2 (Depan Apotek Salim Farma) Telp. 022-93923900
      Jl. Raya Bojong Soang No. 89 Kab Bandung Telp. 022-93923800
      Jl. Anggadireja No. 71 Cigado Baleendah Kab. Bandung Telp. 022-93682004
      Jl. Raya Laswi No. 592 (Samping Sekolah Tunas Baru) Kab. Bandung Telp. 022-95540778

  5. ita prasasti says:

    wahhh,, thanks banget infonya.. gw kbetulan lagi cari-cari kursus mengemudi nih….

    mau nanya dong berarti kursus di talenta jaya bisa juga minta buatin sim gtu ya kalo kitanya udah lancar mengemudinya?

  6. biebolem2012 says:

    ita prasasti @ iyaa sama-sama :D

    Ooo kalau masalah SIM, Q kurang tauuu ,, coz kemarin pas di talenta jaya, Q ngambil kelas tuk memperlancar saja ,, coz uda lama gak nyetir mobil, kebetulan SIM nya Q uda ada ,, sepertinya bisa ngebantu masalah SIM deh ,, ntar tanya langsung aja ke talenta jaya nya y :D

  7. Permisi.. Mau nanya, saya juga mau kursus setir.kebetulan saya juga di Jatinangor. Itu di daerah jatinangor di mana ya? Namanya Talenta Jaya bukan? Bisa minta kontaknya Gk?
    Makasih sebelumnya :))

  8. yandiekaskus says:

    hello:) mau nanya boleh? tau ga kalo bedanya tahap pemula sm tahap melancarkan gimana sih? kebetulan mau nyoba kursus nih hehe biasa cuma bisa nyetir dikomplek aja:)

    nuhun ahh

    • biebolem2012 says:

      SetauQ ,, tahap pemula itu tahap yg benar2 gak ngerti sama sekali atau uda lupa bangeeet mana rem, gas, dll ,, kalo tahap melancarkan itu tahap dimana orang itu sebenarnya uda bisa dan uda pernah atau sering ngendarain mobil tapi belum ada keberanian (belum percaya diri dan masih ada rasa takut) tuk pergi sendiri ke jalan raya yg sangat ramai m kendaraan bermotor atau roda empat lainnya ,,

      yandikaskus @ maaf baru nge bales ,, kalo saranQ, mendingan ambil yg tahap melancarkan saja karna dirimu kan uda bisa nyetir di sekitar komplek :) ,, ntar tinggal minta di ajarin cara ngerawat mobilnya itu loh m sang pelatihnya kalo uda berani ngendarain di jalan raya :) ,,

  9. yandiekaskus says:

    Oohiya deh sip makasih gan:) top buat blognya :thumbup:
    iya nih cuma tinggal feeling sama rasa berani ke jalan raya yg belum bisa hehe

  10. roma062012 says:

    thx bngt ya, jd bs mnmbh ingatan pas bljr kmrn, maklum kmrn tu bljrny nekat, tnp browsing2 dulu buat nmbh wawasan sblm kursus, mpe sulit ngafal semua teori, cm ngikut instruksi pelatih, itupun antara instruksi dan pikiran blm nyambung, maklum grogi / apa y namanya…

  11. Terimakasih atas informasinya gan, ane juga baru belajar menyetir, masih kaku pegang setir dan kadang lupa ngelepas hand rem :D

  12. niken says:

    Jelas, membantu banget artikelnya buat pemula….trimakasih infonya ya…..
    Oya ada no telp talenta jaya kursus mengemudi yg di cinere depok? Thx

  13. biebolem2012 says:

    niken@ syukurlah kalo begitu ,,

    oo, maaf ku ndak punya no telp nya khusus daerah depok ,, ku hanya sebatas orang yg pernah belajar di talenta jaya ,,

  14. mimi says:

    Setelah aku membaca aku bertambah wawasan cara belajar nyetir mobil dan sangat bermanfaat sekali bagiku

  15. hendy says:

    makasih banget info nya gan…kebetulan lagi butuh nich :) …salam http://halamandepan.net

  16. inembelas says:

    Bisa hadi referensi nih buat kursus nyetir. ;)
    Nembelas.com

  17. Boelenks says:

    Thanks teoriny.,kebetulan kepengen kursus..,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s