Memberhentikan Mobil Di Tanjakkan Ketika Macet :

1. Injak Kopling full

2. Setelah itu injak Rem Kaki

3. Mobil pun akan berhenti dan mesin masih tetap jalan [jangan di lepas dulu y Kopling m Rem Kakinya]

Jika macetnya lama banget biar kaki gak pada pegel, dua cara tadi lakukan setelah itu netralkan posisi Gigi Mobil lalu angkat Rem Tangan yang di samping Jok Mobil berdekatan dengan Gigi Mobil. Kalau sudah, mobil pun akan berhenti dengan aman.

Menjalankan Mobil Di Tanjakkan :

Cara 1 adalah buka Kopling pelan-pelan [setengah aj y] sampai terasa ada suara mesin yang gretek-gretek, posisi Rem Kaki masih di injak [jadi antara kopling dan gas itu seimbang y]. Kalau sudah terasa ada suara mesin yang gretek-gretek lepas Rem Kaki dan langsung pindah ke Gas kaki yang tadi nginjek Rem Kaki, ok!🙂 Injek Gas sampai terdengar suara ngerrrr lalu buka lagi kopling sedikit demi sedikit  kalau sudah mulai terasa jalan tuh Mobil, kopling nya di tahan dulu baru kemudian kalau Mobil sudah enak jalannya lepas deh tuh kopling.

Cara 2 adalah Injek kopling full, pindahkan Gigi Netral ke  Gigi 1 lalu turunkan Rem Tangan [Mesin masih hidup], kemudian buka kopling pelan-pelan sampai terasa Mobil itu jalan, tahan kopling sampai benar-benar jalan sudah nyaman setelah itu lepas koplingnya.

Memberhentikan Mobil Di Pinggir Jalan :

1. Aktifkan send kanan atau kiri tergantung mau berhenti di sebelah mana.

2. Arahkan Mobil ke tempat yang akan di tuju [mainkan Setir Mobilnya y :)].

3. Kalau posisi Mobil sudah lurus dan tidak mengganggu kendaraan lain yang lagi  melaju.

4. Injak Kopling Full lalu injak Rem Kaki sampai berhenti.

5. Kalau sudah berhenti, netralkan Gigi lalu angkat Rem Tangan kemudian matikan mesin.

6. Berhenti deh🙂

Memindahkan Gigi 1 ke Gigi 2/Gigi 3/Gigi 4/Gigi 5 :

1. Injek Kopling full.

2. Pindah dari Gigi 1 ke Gigi 2/Gigi 3/Gigi 4/Gigi 5.

3. Injak Gas.

4. Buka Kopling.

Menghadapi Turunan :

1. Gas di lepas jangan di injak.

2. Injak kopling full.

3. Kaki kanan yang biasa nginjek Gas, ganti posisi ke Rem Kaki y ,, [mainkan Rem Kaki sesuai keadaan yang di hadapi].

Terima Kasih🙂

Mobil Sedan

Mobil Sedan

Hari ini ,,

Sabtu, 18 Februari 2012 Jam 07.00 – 09.00 WIB adalah hari dimana Q mulai belajar menyetir Mobil di Talenta Cabang Jatinangor.

Hari ini Q di kasih materi pengenalan tentang Mobil yang kan Q kendarai yaitu sedan grift. Hari ini yang menjadi pelatihQ namanya A yanto.

Oke ,, Langsung aja y kawan, ini adalah pengalaman pribadiQ semoga bermanfaat bagi siapa saja yang membaca artikel sederhana yang Q buat hari ini🙂

Pertama, Q masuk ke Mobil lalu Q duduk di Jok Mobil kemudian Q atur posisi Jok Mobil itu sesuai dengan postur tubuhQ agar nyaman pas uda jalannya dan alat untuk mengaturnya ada di sisi kanan bawah Jok Mobil. Kalau uda, sabuk pengaman yang ada di sisi kanan Jok Mobil di pasang yang tujuannya sebagai pengaman tubuh Qt. Setelah itu, Q di kenalin gimana caranya ngatur spion di sisi kanan dan kiri [posisinya itu ada di sisi kanan setir Mobil, Q lupa namanya apa tapi di situ ada tombol L untuk spion kiri, tombol R untuk spion kanan dan tombol Mirror untuk ngatur spion agar dapat posisi yang pas bisa ngeliat kondisi sisi kanan dan sisi kiri dengan jelas. Lalu, Q juga di kenalin gimana caranya ngatur Gigi [1, 2, 3 ,4, 5 dan R] yang posisinya ada di sebelah kiri Jok Mobil, liat di situ ada tangkai dengan code 1, 2, 3, 4, 5 dan R.

Berikut Penjelasan Mengenai  Gigi 1, 2, 3, 4, 5 dan R  Menurut PemahamanQ :

1. Gigi 1 : pas mau ngejalanin Mobil dan kondisi di jalan macet.

2. Gigi 2 : kalau Mobil uda jalan dan posisinya seimbang [awalnya Gigi 1 setelah itu baru deh Gigi 2].

3. Gigi 3, 4 dan 5 : kalau kondisi di jalan lancar dan gak macet.

4. Gigi R : pas Mobil mau mundur.

Q dikenalin juga dengan yang namanya Rem Tangan [digunakan pas mau ngejalanin Mobil dan ngeberhentiin mobil], Kopling [digunakan pas mau mindahin Gigi, mau belok dan mau berhenti], Rem [digunakan pas lagi jalan di turunan, mau belok dan mau berhenti] dan Gas [digunakan pas mau nge jalanin Mobil], dan Kunci [digunakan untuk menstarterkan mobil pas mau ngehidupin dan memanaskan mesin Mobil biar bisa jalan]

Oy, posisi Rem Tangan ada di sebelah kiri Jok Mobil. Kopling [pedal 1 – kiri], Rem [pedal 2 – tengah] dan Gas [pedal 3 – kanan] ada di bawah setir [liat di situ ada 3 pedal]. Kunci ada di sebelah kiri setir Mobil.

Kedua, pas mau ngejalanin Mobil, posisi duduk Qt+spion kanan dan kiri uda nyaman, sabuk pengaman pun uda di pasang, Rem Tangan di sebelah kiri Jok Mobil di angkat ke atas lalu tekan tombol yang ada di tengah Rem Tangan, lalu nginjak kopling sampai full kemudian starter Mobilnya dengan memutar kunci ke arah kanan yang ada di sebelah kanan Setir Mobil sampai terdengar suara mobil “mbremmmm”. Setelah itu, posisi kaki kiri itu hanya khusus Kopling y kawan, posisi kaki kiri masih nginjak kopling full lalu tangan kiri beraksi untuk mengatur Gigi 1 [caranya arah kan ke kiri dulu lalu dorong ke depan sesuai dengan code Gigi 1 ,, ingat jangan ke Gigi yang lainnya dulu kan ini awal🙂  sabar y ,, ]. Lalu, kaki kanan nginjak Gas [pelan-pelan y sampai ada suara “mbremmmmm”], ingat y kawan ,, kaki sebelah kanan khusus untuk Gas [khusus juga untuk Rem kalau di butuhkan pas terjebak macet di jalan, pas berpapasan dengan kendaraan lainnya+orang yang menyebrang jalan, pas mau berhentiin Mobil]. Kemudian, Kopling di angkat pelan-pelan sampai full [di sini mobil pun akan terasa bergerak pas Kopling pelan-pelan di angkat dan kaki kanan nginjek Gas pelan-pelan], pas uda jalan Mobilnya, kaki kiri gak usah di injek lagi, fokus ke kaki kanan yang lagi nginjek gas secara pelan-pelan. Lalu, kalau sudah benar-benar jalan dan keadaan Mobil uda seimbang, lepas kaki kanan dari Gas, fokus kaki kiri nginjek kopling full, setelah itu, main kan tangan kiri untuk berpindah ke Gigi 2 [caranya arahkan ke tengah-tengah lalu dorong ke depan sesuai  dengan code Gigi 2], lalu, injek Gas pelan-pelan dan lepas Kopling pelan-pelan juga sampai benar-benar jalan. Kalau kondisi jalanan benar-benar lancar, dipersilahkan untuk pindah ke Gigi 3/Gigi 4/Gigi 5 dan caranya seperti tadi🙂

Ketiga, pas lagi nikmatin perjalanan ternyata terhalang macet, lampu merah, orang yang mau nyebrang atau pun di depan ada kendaraan lain yang hampir dekat dengan posisi Mobil yang lagi di kendarai maka caranya adalah mainkan Rem dan Kopling. Injek Kopling sampai full lalu dan mainkan Rem [ingat ,, jangan mainkan gas dulu y ,, ada waktunya kalau semua kondisi tadi selesai, baru mainkan gas pelan-pelan sampai terasa Mobil itu jalan kembali ,, ingat sebelum mainkan gas, atur dulu Gigi yang mau di gunakan, ok :)].

Kempat, pas lagi nikmatin perjalanan ternyata di depan ada belokan entah itu kanan atau kiri ,, caranya adalah atur Sen [oy ,, Q baru ingat kalau Q juga di kenalin dengan yang namanya Sen ,, posisinya di sebelah kanan bawah Setir Mobil [bentuknya seperti tongkat] atur lah itu sampai ada code nyala di area layar depan Setir Mobil [bentuknya panah tergantung mau belok ke kanan atau pun ke kiri]. Setelah itu, mainkan Kopling, Rem dan Setir. Injek Kopling full lalu atur Rem sesuai kebutuhan kondisi jalan, lalu puter Setir Mobil sesuai arah belokan yang di inginkan [kanan atau kiri samain dengan Sen yang udah di tentukan sebelumnya]. Kalau posisi Mobil udah seimbang dan aman maka mainkan Gas dan Gigi.

Kelima, pas lagi nikmatin perjalanan ternyata di depan ada kendaraan lain dan posisi Mobil yang lagi di kendarai ingin mendahului maka mainkan Sen dan Setir Mobil.

Keenam, pas lagi nikmatin perjalanan ternyata di depan ada jalan yang menikung maka Gas harus pelan [kurangi kecepatan].

Ketujuh, pas lagi nikmatin perjalanan ternyata mau berhenti dulu caranya adalah mainkan Kopling dan Rem. Injek Kopling full lalu injek Rem pelan-pelan sampai Mobil berhenti kemudian lepas Kopling dan Rem. Mesin Mobil di matikan dengan cara memutar kunci ke arah kiri lalu turunkan Rem Tangan.

Evaluasi hari ini :

Q masih kaku pas megang Setir Mobil, Nginjek Gas pun belum stabil, Masih fokus ke spion kanan saja spion kiri jarang di perhatikan dan Ngendarain Mobilnya masih belum tenang. Mudah-mudahan latian selanjutnya ada kemajuan yang bagus  untuk menyetir mobil manual dengan benar🙂 Amin ,,

Untuk yang membaca artikel sederhanaQ ini, mudah-mudahan bermanfaat untuk pengenalan awal sebelum praktek menyetir mobil di jalan nanti bersama pelatih atau salah satu keluarga atau teman yang sudah ahli menyetir mobil🙂

Good Luck untuk latihannya y kawan🙂

Artikel sederhanaQ hari ini pasti banyak kekurangannya dan belum sempurna ,, mohon maaf ya ,, kalau ada yang mau ngasih saran, monggo dengan senang hati🙂

Hello world!

Posted: February 18, 2012 in Uncategorized

Welcome to WordPress.com. After you read this, you should delete and write your own post, with a new title above. Or hit Add New on the left (of the admin dashboard) to start a fresh post.

Here are some suggestions for your first post.

  1. You can find new ideas for what to blog about by reading the Daily Post.
  2. Add PressThis to your browser. It creates a new blog post for you about any interesting  page you read on the web.
  3. Make some changes to this page, and then hit preview on the right. You can always preview any post or edit it before you share it to the world.